Senin, 01 Juli 2013

Yuli's Practicum




LAPORAN PRAKTIKUM SEMESTER II
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS EKSTRA KURIKULER
DI SEKOLAH DASAR MUHAMMDIYAH SURYOWIJAYAN
YOGYAKARTA







KELOMPOK PRAKTIKUM MENGAJAR KELAS I A

1.   Yuli Fitri Yanti                                  20120540094
2.   Marjillah                                            20120540093
3.   Muhammad Sulaiman                      20120540133



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2013


LEMBAR PENGESAHAN

Laporan “Praktikum Mengajar di SD Suryowijayan Kelas I A” ini telah disahkan pada:

Hari                       :
Tanggal                :




Mengetahui,



Kepala Sekolah SD                                         Guru Pembimbing Praktikum SD Muhammadiyah Suryowijayan                                  SD Muhammadiyah Suryowijayan                                               



Dra. Hj. Tri Wasiyati                                               Endyah P. Wati, S.Pd
NIP. 19540928 197912 2 001                                    NBM. 1071633          
                                   










Dosen Pembimbing Akademik/
Ketua Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris




Gendroyono S.Pd., M.Pd
              NIK 163096




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

            Menjadi seorang pendidik yang berdedikasi tinggi, kompetitif dan terampil, pastinya memerlukan proses belajar yang cukup panjang dan tidak mungkin didapatkan secara instan dan Cuma-Cuma. Butuh kerja kerja keras dan terjun langsung di lapangan kerja. Oleh karena itu, sejak semester awal perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Mahasiswa  program  Pendidikan Bahasa Inggris  di terjunkan langsung dalam proses belajar secara riel.
Sebagai generasi penerus di bidang pendidikan, membutuhkan sebuah pengalaman dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, di wajibkan seluruh mahasiswa program pendidikan Bahasa Inggris UMY  untuk melaksanakan praktik mengajar dari semester awal perkuliahan terhitung dari bulan Oktober 2012 sampai  januari 2013 ( Semester gasal ) dan untuk semester genap dimulai dari bulan Januari hingga bulan Juni 2013.Dikarenakan hal-hal diatas tersebut, program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY melaksakan praktik mengajar di Sekolah Dasar SD  MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN YOGYAKARTA. Sekolah yang beralamat di jalan Wahid Hasyim No 34 tersebut di kategorikan sebagai salah satu sekolah baru yang memiliki nomor induk siswa yang di kisarkan angka seribu.
                        Lokasi sekolah yang sangat straegis di dalam kota, yang tidak terlalu jauh dengan kampus UMY memudahkan untuk dijangkau oleh mahasiswa. Sehingga  kegiatan practikum ini tidak menggangu ataupun menghambat perkuliahan Mahasiswa. Disamping  itu praktikum mengajar ini juga sangat berguna sekali untuk pengembangan mental calon pendidik yaitu Mahasiswa itu sendiri.
Meskipun lokasi sekolah yang ramai karena berdekatan dengan jalan raya namun hal itu tidak lantas menghambat proses dalam belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar tetap berjalan secara procedural,tertib dan tenang. Kondisi bangunan yang baik dan fasilitas yang memadai di SD MUHAMMADYAH SURYOWIJAYAN YOGYAKARTA membuat siswa tenang dan nyaman untuk memulai proses belajar mengajar di dalam kelas.

                                                                                                           

            Berikut kami cantumkan profil sekolah, data guru dan karyawan, dan data siswa yang kami ajar sebagai berikut.










1.2 PROFIL SEKOLAH
SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN TAHUN 2013                               
VISI SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN

1.3VISI, MISI DAN TUJUAN


VISI
Berakhlaqul Karimah, Unggul Dalam Prestasi, Cerdas, Terampil, Mandiri, Serta Bertanggung jawab



MISI
1.     Membiasakan hidup Islami di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.
2.     Membina motifasi belajar secara optimal.
3.     Mengintensifkan bimbingan belajar di sekolah
4.     menciptakan KBM aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
5.     Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler
6.     Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.  
7.     Membekali siswa dalam bidang IT agar mampu bersaing di era global.


TUJUAN
1.     Mempersiapkan anak didik yang memiliki intelektualitas tinggi.
2.     Menumbuhkan rasa solidaritas dan persaudaraan sesama teman.
3.     Mempersiapkan generasi muda yang handal dan berpengetahuan luas dalam dunia informasi.
4.     Disiplin waktu, kerja, dan budaya.
5.     Hidup bersih dan rapi.
6.     Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
7.     Menjadi sekolah unggul di tingkat nasional


1.2  TUJUAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM

Kegiatan praktikum mengajar di SD Muhammadiyah Suryowijayan memilliki tujuan sebagai berikut:

1.   Menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah kepada siswa.
2.   Memperbanyak pengalaman mengajar sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja.
3.   Mengetahui cara dan trik mengajar yang tepat untuk di terapkan kepada siswa.
4.   Mendeskripsikan berbagai karakter siswa untuk penyesuaian proses pembelajaran.
5.   Melaksanakan kegiatan wajib dari program studi.


1.5    KEADAAN SEKOLAH, KEPALA SEKOLAH, GURU, KARYAWAN DAN SISWA

1.     Sekolah
NamaSekolah       : SD Mumammadiyah Suryowijayan Yogyakarta
NPSN                    : 20403365
Kota                      : Yogyakarta
Provinsi                : D. I. Yogyakarta
KodePos                : 55142
Telephon               : (0274) 415716
Email                    : sdmuhammadiyahsuryowijayan@yahoo.co.id
Alamat                  : Jl. Wahid Hasyim 34, Yogyakarta

2.     Kepala Sekolah         : Dra. Hj. Tri Wasiyati
NIP                       : 19540928 197912 2 001
TTL                      : Temanggung, 28 September 1954
Alamat                 : Trisigan Murtigading, Sanden, Bantul

3.     Kondisi Sekolah       
Jumlah kelas         : 12 ruang
Jumlah siswa        : 278 anak
Area parkir bagi guru maupun mahasiswa berada di dalam Gerbang utama SD
Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta


4.     Struktur Organisasi
Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta  UPT Yogyakarta Selatan
Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta.
Kepala Sekolah                  : Dra. Hj. Tri Wasiyati
Komite Sekolah                 : H. Hardi Prawoto, S.Pd.
Bendahara                          : Warjilah, S.Pd.I.
                                           : Dessy Nurhidayati, S.S
Bagian Pengajaran             : Sumarno, S.Pd.I.
Bagian Kesiswaan              : Hartanto, S.Sos.
Bagian SaranaPrasarana    : Dadang Priyatmaji, S.Sos.I.
Pustakawan                        : Muh. Syamsul Hilal, B.A.
UKS                                    : Enggar Suryati, A.Md.Orkes.
Pandu HW                          : Waljiono
ECC                                    : Endyah P. Wati, S.Pd.
TPA                                    : M. Najib A.Dj
PHBI                                   : Rudianto, S.Pd.
Olahraga                             : Enggar Suryati, A.Md.Orkes.
Kesenian                            : Dadang Priyatmaji, S.Sos.I.
Tapak Suci                         : Soleh
Drum Band                         : Tony Kuswoyo, S.E.
Koperasi                             : Sariatun, S.E.
Warung Sekolah                : Agus T.

5.     Guru Pengajar               
A.  Wali Kelas I                     : Yuni Saptawati, S.E.
                                             : Sariatun, S.E.
B.  Wali Kelas II                   : Rudianto, S.Pd.
                                             : Siti Rohmah Widiastuti, S.Si.
C.    Wali Kelas III                 : Gustina Iriastuti,S.Pd.
                                             : Hartati, S.Si.
D.    Wali Kelas IV                 : Endyah P. Wati, S.Pd.
                                             : Supariyati, S.Pd.I.
E.     Wali Kelas V                  : Dadang Priyatmaji, S.Sos.I.
                                             : Sumaryoto, S.Pd.
F.     Wali Kelas VI                 : Dwi Adi Wijayanti, S.E.
                                             : Hartanto, S.Sos.
G.    Guru PAI                         : Sumarno, S.Pd.I.
                                                   : Warjilah, S.Pd.I.
                                        : Dadang Priyatmaji, S.Sos.I.
H.    Guru Bahasa Inggris       : Endyah P. Wati, S.Pd.
I.       Guru Olahraga                : Enggar Suryati, A.Md.Orkes.


6.     Ekstra kulikuler                    :  Tapak Suci
                                             : Drum Band











7.     Data Siswa Kelas I A

NO
NAMA SISWA
1
ALTAF ZAIDAN KHANZA
2
AINUN SAIDAH
3
BILA PUTIH HATI SUCI
4
CLARINTA RATU ANDRIYA’INAYAH
5
ELANG BIMA KERTI
6
GRIZELDA THIFAL AZIZAH
7
HARITSAH AZMI
8
HUDA ADYAN NUGRAHA
9
JUAN TITISAN RAHAMUSA
10
LARASATI RAYZA
11
LATIFA ROSYADA AULIA M
12
LINDI MELLANI EARLIANA
13
LISNA RIFQA SALSABILA
14
LUTHFIA ZAHRA MUSTOFA
15
NABIEL MUTIARA SALSABILA
16
NABILA NURHAFIZHAH
17
NAYRA RAHMA ALYA
18
NISRINA MUMTAZ
19
R.R WIDIA MARCHA SASIKIRANA
20
SAYCA AR RADHI
21
SHAKIRA MAYLA AMANDA PUTRI
22
TSABITA PUAN NAJLA
23
YUNITA SUCI WISNU WARDANI
24
YUNITA SUCI WISNU
25
ZAIDAN ALI












BAB II
LAPORAN PELAKSANAAN


Tujuan utama dari kegiatan ini adalah ikut serta dalam kegiatan belajar mengajar ekstra kurikuler bahasa inggris agar siswa mempunyai semangat untuk belajar bahasa inggris dan berani berbicara dengan menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan contoh  dan meminta mereka untuk menirukan bagaimana cara melafalkan kosakata dalam bahasa inggris secara benar terlebih dahulu, kemudian meminta siswa untuk mempraktikan dengan teman yang ada sekeliling mereka, dan meminta beberapa dari siswa untuk berbicara di depan kelas.  Memberikan  beberapa pertanyaa serta meminta siswa untuk menyebutkan dan menghafalkan  kosakata  dengan secara bergantian pada semua siswa. Hal ini untuk mengetahui kemajuan dan sejauh mana seorang siswa memahami materi yang diajarkan.

Dalam kegiatan belajar mengajar diberikan juga games yang mempunyai nilai positif  yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar, secara tidak langsung akan melatih siswa dalam berkompetisi. Kegiatan game ini kami memberikan point pada setiap siswa yang unggul dalam permainan dengan harapan siswa yang unggul mendapat point akan memicu siswa lain untuk ikut melakukan hal yang sama.

Hasil  pengamatan belajar mengajar di kelas IA  yang telah dilaksankan menunjukkan siswa kelaas IA Cenderung menggunakan tipe belajar kinestenik. Hal ini dikarenakan  siswa hiperaktif dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Oleh karena itu, kami mengaplikasikan beberapa gerakan di dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa nyaman serta mudah mencerna setiap materi yang telah diberikan.

Kegiatan belajar mengajar ini  merupakan sebuah langkah besar untuk dapat mengetahui dan mempelajari berbagai karakter yang dimiliki setiap siswa. Dengan mengatahui berbagai karakter siswa akan memudahkan untuk menyampaikan metode pembelajaran. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk bekal mahasiswa dalam mengimplementasikan metode pembelajaran secara  professional.












Berikut ini adalah materi yang telah di  berikan dan di ajarkan kepada kelas 1A:


No.
Pertemuan
Materi
Kegiatan

Semester II
1
Pertemuan I

 My pets
Vocabularies
Cat, dog, fish, rabbit, bird, rooster, hen.
 –language function
 What is it?
It is a cat
Do you have rabbit?
Yes/no



Pertemuan II
My classroom

-vocabularies
Desk, chair, board, door, window, lamp, picture, broom, duster, floor

 –language function
What is it?
It’s a desk
This/that is a table
Show me the broom
Clean the board

 -Enrichment
3.
Pertemuan III
Stationary

-vocabulary
Number 1 to 10
Stationeries ( book, pencil pen, eraser, bag, ruler, pencil case, envelope, paper )
 –language function
What is it?
It’s book
Let’s count
-Enrichment
Counting stationeries
Counting part of body
Pass me the….

4.
Pertemuan IV
Vocabularies

-vocabulary
Flower, tree, floor, duster, window, door  , hut, belt
What is it? It is flower
What is it? It is duster
-Enrichment

5.
Pertemuan V
My cloths

-vocabulary
T- shirt, skirt, belt, hut, sandal, shoes, sock
What is it?
Is it T- shirt
What is it?
Is it shoes

 -Enrichment

6.
Pertemuan VI
Activity in the class room
-Vocabularies
Stand up, sit down, clean, listen, read, write, open, close
-Language function
Clean the board
Stand up
Sit down please
-Enrichment


7.
Pertemuan VII
Melengkapi huruf yang hilang
- vocabularies
O    E N = OPEN
W    N  D     W  = WINDOW
S       T    D      W  N  = SIT DOWN

8
Pertemuan VIII
UKK
-Memberikan pembimbingan kepada siswa mengenai petunjuk soal yang telah tersedia.
-mengamankan kondisi kelas saat berlanngsungnya ujian kenaikan kelas.
-memberikan penilaian dari hasil pekarjaan siswa (UKK).




Metode pembelajaran
        
                  Metode fun learning adalah metode pembelajaran yang sering kami berikan agar dapat menciptakan suasana hangat dan menyenangkan dalam pembelajaran karena dengan suasana yang hangat dan menyenangkan apapun yang kita ajarkan akan mudah diterima dengan senang hati dan ketika sesuatu itu mudah diterima maka anak akan mudah melakukan suatu perubahan.
Seorang gpengajar atau dikatakan profesional salah satu cirinya adalah kalau ia pandai di dalam mengelola kelas atau pandai mengajar, tidak membosankan, ia pandai membuka kelas, pandai menyampaikan materi dan pandai menutup pelajaran, anak-anaknya suka belajar bersamanya.
Selanjutnya pengajar yang menguasai dan terampil menggunakan berbagai pendekatan dan
strategi pengelolaan kelas akan dengan mudah dapat menciptakan dan mempertahankan iklim belajar yang baik dan menyenangkan. Iklim yang demikian itu memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan potensi-potensi dirinya secara optimal. Cuma masalahnya adalah tidak banyak seorang pengajar yang mau bersusah payah mencari inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran.
                  Agar kita dapat menciptakan suasana fun learning, dibutuhkan penggunaan metode belajar yang tepat. Sebagaimana kita ketahui, kedudukan metode sangatlah penting dalam proses interaksi antara pengajar dan siswa ketika belajar, yaitu sebagai alat motivasi ekstrinsik, sebagai strategi pengajaran dan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu, Kita harus bisa memilih metode yang sesuai dengan kondisi anak dan disesuaikan pula dengan materi pelajaran yang akandisampaikan. Pada anak-anak Sekolah Dasar kelas 1A kami menggunakan pembelajaran tematik yaitu pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik, karena anak-anak pada usia ini berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan sehingga pembelajarannya masih bergantung pada obyek-obyek konkrit.
                  Dari pengalaman kami, sebagai seorang pengajar yang mengajar di kelas 1 harus selalu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar anak-anak dapat dengan mudah menerima pelajaran tersebut. Agar terlaksana pembelajaran tematik yang fun learning disini kami  mencoba menggunakan teknik nyanyian dan suasana kelas disesuaikan dengan tema pembelajar.
Anak anak kelas 1 masih senang jika disuruh menyanyi dan bermain. Oleh karena itu kami selalu melakukanhaltersebut.
Salah satu contohnya, misal kita ambil salah satu tema di semester 1 yaitu tema keluarga cara pembelajarannyasebagaiberikut:
1. Siswa di bagi dalam beberapa kelompok dengan begitu siswa duduk dengan posisi pada          kelompoknyamasing-masing.
2. Dari tema keluarga selanjutnya kita dapat mengelompokkan sesuai dengan mata pelajaran yang akandisampaikan.
3. Dari tema ini siswa mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh manusia dan fungsinya.
4.  Siswa mampu menyebutkan identitas saudara kandung yang lebih tua , menyebutkan identitas saudara kandung yang lebih muda di depan kelas dan menyebutkan identitas anggota keluarga yanglain.
Selanjutnya membagi siswa dalam beberapa kelompok. Misalnya 1 kelompok terdiri dari 4 orang. Agar Susana di kelas tidak kaku maka pembagiannya dengan bernyanyi. Respon positif siswa di sini disambut dengan baik dan terlihat mereka senang sekali. Nah setelah kelompok terbentuk. Anak-anak juga sudah dalam keadaan ceria kita bisa mulai pembelajarannya.. Maka selanjutnya guru bisa memulai pembelajaran. Antusias anak-anak dapat terlihat dari permainan ini, mereka semua sangat bersemangat ingin mendapatkan apa yang di instruksikan pengajar. Tapi ada juga yang tidak dapat atau salah mengambil, maka jika hal itu terjadi anak-anak tetap di berisemangat dan pengertian agar tidak kecewa.Nah setelah semua anggota badan diambil. Permainan bisa diulang lagi untuk mencari apa fungsinya dari masing-masing anggota badan tersebut. Nanti kelompok yang paling cepat mendapatkan berarti itulah pemenangnya.
                  Hal diatas hanya salah satu dari penerapan fun learning, tentunya masih banyak yang bisa kita lakukan sebagai seorang guru atau pengajar yang mencintai anak-anak dan masih banyak ide-ide kreatif yang dapat kita lakukan agar anak-anak dapat termotifasi untuk belajar terus. Seorang pendidik sejati adalah Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan (Ralph Waldo Emerson) dan Siswa tidak akan peduli betapa pintarnya seorang guru, yang mereka pedulikan adalah apakah guru tersebut juga peduli terhadap dirinya.





























BAB III
PENUTUP


Simpulan:
·       Menjadi pendidik yang edukatif, kreatif serta menjadi contoh yang baik membutuhkan pelatihan yang panjang dan kerja nyata. Oleh karena itu, Program studi  Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mewajibkan setiap mahasiswanya untuk terjun langsung di sekolahan. Mulai dari sekolah dasar sampai Sekolah Menengah Atas.
·       Kegiatan mengajar yang telah di laksanakan di harapkan menjadi acuan mahasiswa agar lebih bersemangat untuk menjadi generasi penerus dan pengembang di dalam  dunia pendidikan.
·       Di butuhkan kesabaran dan kemawasan yang lebih dalam menghadapi siswa Sekolah Dasar. Tentunya hal ini sangat berguna sekali untuk Mahasiswa dalam sikap dan prilaku.
·       Kegiatan Praktikum di SD Suryo wijayan menjadi langkah awal mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan serta kemampuan, khususnya Pendidikan Bahasa Inggris.
·       Pengalaman yang telah diperoleh Mahasiswa dalam Kegiatan belajar mengajar di SD Suryo wijayan menjadi Bekal Mahiswa untuk langkah kedepannya.





Saran:
·       Pihak Sekolah hendaknya lebih mamantau Mahasiswa dalam kegiatan mengajar agar tercapai tujuan bersama.

·       Perlunya kerjasama dan evaluasai dari pihak sekolahan agar Mahasiswa mempunyai kemampuan yang lebih dalam kegiatan mengajar
·       Hendaknya mahasiswa mendapat perhatian dari Prodi maupun sekolah, agar mahasiswa dapat mengevaluasi diri agar mampu dikatakan layak menjadi tenaga pengajar.










LAMPIRAN

I.Presensensi siswa

ATTENDANCE LIST
SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN
Jl. Wachid Hasyim 34 Yogyakarta
Kelas I A
NO
NAMA
PERTEMUAN
SEMESTER 1
I
II
III
IV
V
VI
VII
VIII
1
ALTAF ZAIDAN KHANZA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
2
AINUN SAIDAH
Ñ´
S
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
3
BILA PUTIH HATI SUCI
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
4
CLARINTA RATU ANDRIYA’INAYAH
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
5
ELANG BIMA KERTI
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
6
GRIZELDA THIFAL AZIZAH
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
V
Ñ´
7
HARITSAH AZMI
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
8
HUDA ADYAN NUGRAHA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
9
JUAN TITISAN RAHAMUSA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
10
LARASATI RAYZA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
11
LATIFA ROSYADA AULIA M
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
12
LINDI MELLANI EARLIANA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
13
LISNA RIFQA SALSABILA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
14
LUTHFIA ZAHRA MUSTOFA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
15
NABIEL MUTIARA SALSABILA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
16
NABILA NURHAFIZHAH
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
17
NAYRA RAHMA ALYA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
18
NISRINA MUMTAZ
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
19
R.R WIDIA MARCHA SASIKIRANA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
20
SAYCA AR RADHI
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
21
SHAKIRA MAYLA AMANDA PUTRI
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
22
TSABITA PUAN NAJLA
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
23
YUNITA SUCI WISNU WARDANI
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
24
WAHYUNI HASANAH
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
25
ZAIDAN ALI
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´



II. Presensi Praktikum Mahasiswa

ATTANDENCE LIST
MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ( PBI )
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA


NO
NAMA
NIM

PERTEMUAN SEMESTER 1



1
II
III
IV
V         VI     VII  VIII  







1
YULI FITRI YANTI
20120540094
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´         Ñ´                I







2
MARJILLAH
20120540093
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´             Ñ´         Ñ´     Ñ´  







3
MUHAMMAD SULAIMAN
20120540133
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´
Ñ´          Ñ´         Ñ´     I









                                                                                                                                          
III. Hasil penilaian UKK
NO
NAMA SISWA
NILAI
1
ALTAF ZAIDAN KHANZA
8,8
2
AINUN SAIDAH
8,5
3
BILA PUTIH HATI SUCI
4,6
4
CLARINTA RATU ANDRIYA’INAYAH
9,6
5
ELANG BIMA KERTI
6,6
6
GRIZELDA THIFAL AZIZAH
8,3
7
HARITSAH’AZMI
7,8
8
HUDA ADYAN NUGRAHA
7,5
9
JUAN TITISAN RAHAMUSA
9,3
10
LARASATI RAYZA
8,1
11
LATIFA ROSYADA AULIA M
9,6
12
LINDI MELLANI EARLIANA
6,6
13
LISNA RIFQA SALSABILA
9,1
14
LUTHFIA ZAHRA MUSTOFA
7
15
NABIEL MUTIARA SALSABILA
9
16
NABILA NURHAFIZHAH
8,8
17
NAYRA RAHMA ALYA
10
18
NISRINA MUMTAZ
10
19
R.R WIDIA MARCHA SASIKIRANA
9,8
20
SAYCA AR RADHI
9
21
SHAKIRA MAYLA AMANDA PUTRI
9,6
22
TSABITA PUAN NAJLA
9
23
YUNITA SUCI WISNU WARDANI
9,8
24
WAHYUNI HASANAH
9,8
25
ZAIDAN ALI
8,3

DOKUMENTASI KEGIATAN MENGAJAR DI KELAS















Tidak ada komentar:

Posting Komentar